Bersiap untuk Menjadi Seorang Ph. D. di Bidang Computer Science

Siang tadi, saya mengikuti seminar tentang mempersiapkan diri menjadi Ph. D. students yang diselenggarakan di Surya University. Pagi-pagi saya sudah bangun untuk langsung menuju ke Tangerang. Dengan sangat terpaksa saya juga membolos mata kuliah Komputer dan Masyarakat pagi ini. Mudah-mudahan ini bolos yang terakhir untuk semester ini.

Setelah sempat nyasar dan pindah angkot sampai lebih dari 5 kali, alhamdulillah saya sampai juga.😀 Surya University gedungnya masih dalam tahap pembangunan. Jalan untuk menuju ke gedung utamanya saja masih berbatu-batu. Penasaran, seperti apa nanti jadinya universitas ini. Sebelum sampai di Surya University, saya sempat nyasar ke STKIP Surya yang terletak di depan Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Gedung STKIP ada persis di depan UMN itu, sedangkan gedung Surya University ternyata ada di belakangnya.

Pembicaranya adalah Bapak Haryadi Gunawi, beliau adalah profesor di University of Chicago. Peserta yang datang tidak banyak, tapi itu justru keuntungan untuk kami karena diskusi menjadi informal, yang dengan kata lain, tentu saja lebih intim. Saya mendapatkan informasi tentang seminar ini dari facebook-nya Bapak Yohannes Surya dan segera langsung mendaftar online saat itu.

Selesai dari sana, yang saya rasakan adalah: khawatir, dan ada rasa sedikit menyesal juga. “Don’t start too late,” begitu kata Pak Haryadi. Menurut beliau, untuk mempersiapkan diri menjadi Ph. D. students, tentunya harus mempersiapkan diri dengan sangat matang, mulai dari memilih topik research yang tepat hingga mempersiapkan prerequisites-nya seperti GRE dan lainnya jika mau melakukan studi di luar negeri.

Jadi strategi yang beliau sampaikan kurang lebih begini:

Pada tahun ke-1 dan 2 pilihlah topik yang kita sukai. Jangan lupa, ambil pula course yang berkaitan dengan system. Saya agak bingung juga soal ini, karena seperti apa system course lupa saya tanya tadi. -_- Tapi intinya, ambillah mata kuliah yang fundamental dan berhubungan dengan topik yang kita sukai. Namun sepertinya metode ini tidak selalu bisa dipakai, karena ada beberapa universitas yang memang sudah memasang paket tiap semester untuk mahasiswanya.

Tahun ke-3, mulailah undergraduate research. Berdasarkan topik yang kita pilih, mulai lakukan research.

Tahun ke-4, bersiaplah untuk GRE, dan siap-siap untuk menjadi kandidat Ph. D.

Saya pernah dengar kalau di luar negeri, kalau ada mahasiswa yang research-nya memang sudah bagus, maka sang mahasiswa boleh loncat, dari S1 langsung ke S3, dan ternyata memang benar. Namun jika ternyata secara akademis sang mahasiswa belum memiliki pengalaman research yang mumpuni, bisa menjembataninya dengan mengambil S2 terlebih dahulu.

Lalu beliau juga mengatakan, untuk melakukan research, paling tidak butuh waktu 2 tahun. Dalam melakukan research yang berkaitan dengan suatu sistem komputer, butuh 3 fase yaitu: understandre-design dan evaluate. Untuk memahami suatu sistem butuh waktu, dan tentunya saat melakukan research, peneliti pasti akan memodifikasi desain yang sudah ada sebelumnya untuk menemukan sesuatu yang baru. Untuk itulah 2 tahun tersebut diperlukan.

Nah, ada tips dari beliau tadi untuk yang mau bersiap-siap.

Pertama, pilih topik yang mau kita tekuni dengan benar. Topik industri berbeda dengan topik untuk penelitian. Web development atau iPhone apps development misalnya, itu adalah topik industri. Topik penelitian biasanya lebih dalam, bukan dari sisi aplikatif.

Kedua, pilih fakultas yang memang mendukung untuk melakukan research. Beliau bercerita tadi, dalam melakukan research butuh koneksi dan relasi juga. Jadi saat memilih tempat untuk melakukan research, biasanya kita akan mencari universitasnya dulu, baru kemudian melihat fakultasnya. No, kata beliau seharusnya tidak seperti itu. Tentukan dulu fakultasnya, bahkan tentukan dulu nama orangnya malahan. Orang yang dimaksud tentu saja profesor-profesor yang sudah mumpuni di bidang yang mau kita tekuni. Tujuannya adalah supaya nanti ketika penelitian kita sudah selesai, pak profesor bisa memberikan kita recommendation letter yang akan sangat berguna untuk mendapatkan gelar Ph. D. tersebut.

Ketiga, carilah paling tidak 5 konferensi internasional yang membahas topik yang kita tekuni. Dari sana nanti, tentukan keywords yang akan membantu kita untuk menemukan pembahasan yang tepat dan bisa jadi sedang trend. Lalu rajin-rajin baca paper-nya. Tidak harus semuanya, abstraknya saja cukup. Dari sana nanti kita akan menambah pengetahuan tentang topik yang mau kita teliti. Selain itu, dengan mengetahui konferensi-konferensi tersebut, kita juga jadi tahu, universitas mana saja yang aktif dalam topik yang kita sukai. Data ini tentu saja bisa kita gunakan untuk memilih di mana nantinya kita akan mengambil studi.

Keempat, tidak perlu harus menjadi author dari sebuah research. Jadi co-author saja itu sudah cukup. Memulai research sendiri dari awal itu bukan hal yang mudah. Jadi kalau ternyata sedang ada research yang sedang berlangsung dan berkaitan dengan topik yang kita sukai, ambil saja. Berkomitmenlah untuk menyelesaikan research itu, dan itu akan membantu juga nanti untuk mendapatkan Ph. D.

Oh iya, yang paling jleb dari beliau adalah yang ini: soal karakter. Menurut beliau, butuh 3 karakter untuk menyelesaikan Ph. D. dan karakter inilah justru yang paling penting dan akan sangat menentukan. Ketiga karakter itu adalah: consistent, persistent, dan independent.

Consistent, artinya seorang researcher harus berkomitmen terhadap hal yang sedang ia teliti. Sediakan waktu yang cukup. Masalahnya adalah, research memang butuh komitmen dan pengorbanan besar. Sebagian besar research itu lazimnya dilakukan secara voluntarily, alias unpaid. Jadi memang harus konsisten, karena kalau tidak konsisten, bagaimana research-nya mau selesai?

Persistent artinya kita teliti dan cermat dalam melakukan research. Jangan sampai hasil yang ditemukan dari research ternyata salah-salah, entah karena metodenya, atau karena interpretasinya. Dalam melakukan research kita harus berusaha menghasilkan sesuatu yang benar dan terbaik.

Independent, artinya kita harus mandiri saat melakukan research. Hihi, kata beliau sering-seringlah bersahabat dengan Google.😀 Saat seorang peneliti menemukan masalah, kepada siapa dia harus bertanya? Research question itu adalah pertanyaan yang hasilnya bahkan belum pernah ditemukan siapapun. Si peneliti itulah yang harus menjawab pertanyaan yang ia buat sendiri, dan jawaban dari pertanyaan itu belum ada. Jadi, kalau saat menemukan kendala sedikit lalu si peneliti ‘cengeng’ dalam mencari solusinya, pasti akan sulit untuk menyelesaikan penelitian. Jadi, tiap punya kendala (biasanya kendala teknis), googling! Jangan mengeluh ke orang lain.😉

Tanpa 3 karakter ini, akan sulit mau menjadi seorang Ph. D.

Fiuh, berat bukan?😐

Tadi di akhir pertemuan, beliau sempat membahas beberapa topik yang menarik untuk dijadikan research. Diantaranya adalah tentang Big Data dan Cloud Computing. Kebetulan kemarin saya mengambil course tentang Web Intelligence and Big Data di Coursera, jadi lumayan nyambung tadi mendengar penjelasan beliau, hehe. Coba saja cari, ada banyak kata kunci yang menarik untuk kita ketahui, di antaranya: map reduce, software-defined networkinghadoopscale outdata center programming, stragglers. Ayo, googling.😛

Begitulah kira-kira ringkasan seminar yang saya hadiri hari ini. Saya dulu pernah memasang misi untuk dijalankan persis sebelum saya kuliah di Paramadina, yaitu: sebelum tahun 2025, saya sudah menyelesaikan doctoral degree. Kalau ada pembaca yang ikhlas dan berbaik hati, doakan saya ya.🙂

Semoga bermanfaat.

One comment

  1. Dita Oktaria · September 10, 2013

    believe it or not, but your writing has suddenly change my mind, my direction. Thank you old friends, please keep sharing, keep writing. u even have no idea how great impact your writing has. May Allah bless you.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s