Googling, Pertolongan Pertama untuk Memecahkan Masalah

Internet sebagai media informasi yang luas merupakan sebuah keuntungan yang sangat besar untuk penekun dunia IT. Hmm, bahkan bisa jadi untuk semua orang, karena sekarang, apa saja bisa kita ketahui dan baca lewat internet. Ada ratusan juta website di internet yang bisa kita jelajahi setiap hari, dengan gratis (asalkan memiliki koneksi internet).

Kadang-kadang saya gatal ketika ada orang yang bertanya sesuatu, yang padahal, cukup dengan membuka search engine seperti Google, pertanyaan tersebut bisa langsung terjawab. Tentunya setelah sedikit melakukan pencarian, melakukan beberapa klik dan membaca beberapa paragraf.

Karena itu saya katakan, Googling bisa jadi merupakan pertolongan pertama untuk memecahkan masalah.

Saat saya melaksanakan aktifitas saya sehari-hari sebagai seorang mahasiswa IT seperti coding, seringnya ada begitu banyak masalah saat mencoba-coba suatu kode ataupun ketika sedang mengembangkan program komputer. Programmer sangat akrab dengan kode error, salah ketik, konfigurasi yang salah, atau kejadian program komputer yang berjalan tiba-tiba crash begitu saja dan kemudian menampilkan pesan kesalahan yang tidak manusiawi.

Saat bertemu dengan kejadian seperti ini, dulunya saya sering panik. Namun sekarang sudah tidak terlalu kalau saya sedang terhubung dengan internet. Kenapa? Karena ada Google.😉

Di dunia ini ada jutaan manusia yang mengalami masalah yang skenarionya sama dengan masalah yang kita hadapi. Terutama untuk masalah IT, di dunia ini ada banyak sekali. Jutaan pertanyaan dan solusi terhampar luas sebenarnya di dalam forum-forum atau blog-blog orang lain yang sudah mencobanya terlebih dahulu. Kita hanya perlu mencarinya saja.

Jadi, ketika mendapatkan pesan error saat melakukan coding dari compiler, atau ketika sedang mencoba mengembangkan aplikasi web dan mendapatkan pesan error dari web server, kita bisa mencoba dulu untuk mengatasi masalah tersebut sendiri. Caranya? Mudah. Cukup copy dan paste kode kesalahan ke kotak search Google dan search results yang muncul sedikit banyak akan membantu.

Itu lebih efektif, dibanding menanyakan solusi permasalahannya dengan cara mengirimkan pesan singkat ke handphone teman kita yang pintar dan kira-kira bisa membantu. Bayangkan, berapa sms yang harus dikirim? Belum lagi capek mengetikkan pesan error-nya yang tidak manusiawi itu. :P (belum lagi kalau nggak dibalas. *eh)

Di internet bahkan ada situs yang khusus isinya semuanya adalah pertanyaan dari orang-orang yang mencoba berbagai macam aplikasi. Saat saya mengetikkan pesan kesalahan di Google, saya sering dibawa ke situs Stack Overflow. Jawaban yang diberikan di sana sering sekali membantu saya memecahkan masalah teknis yang saya hadapi di depan komputer.

Image

Tentu tidak terlepas dari sekedar masalah IT saja. Kadang-kadang masalah sehari-hari juga bisa kok. Bagaimana cara memasak nasi goreng? Atau bagaimana cara memberikan pertolongan pertama kalau kesentrum listrik? Atau bagaimana cara mengobati penyakit tertentu? Yah, Googling saja.

Mudah kan?😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s