Mengintegrasikan GMail Dengan Mail Client Mozilla Thunderbird 3.1

Terkadang, saat kita sedang terburu-buru ingin mengirim e-mail, kita direpotkan dengan urusan membuka browser, menunggu loading halaman web e-mail kita, melakukan login, lalu menunggu lagi dan seterusnya. Hal yang sama juga terjadi saat kita sedang tidak terkoneksi dengan internet, sedangkan kita ingin membaca salah satu e-mail penting kita.

Hal-hal di atas tidak akan terjadi kalau kita menggunakan software Mail Client di komputer kita.

Software ini akan men-download seluruh e-mail beserta attachment yang ada ke komputer Anda, sehingga Anda akan lebih mudah saat membutuhkan e-mail e-mail tersebut secara offline.

Salah satu software Mail Client yang bagus dan gratis untuk digunakan adalah Mozilla Thunderbird. Tulisan kali ini akan membahas bagaimana mengintegrasikan Thunderbird 3.1 ke account Google Mail (GMail) Anda.

Anda bisa men-download Thunderbird dari situs resminya: http://www.mozillamessaging.com/en-US/thunderbird/

Sebelum meng-install Thunderbird, ada beberapa setting di GMail Anda yang harus disesuaikan agar bisa terintegrasi dengan Thunderbird. Lakukan login ke GMail Anda, lalu buka Mail Settings (Anda dapat menemukannya di sudut kanan atas tampilan GMail setelah mengklik gambar bentuk gerigi).

Pada halaman tersebut, klik Forwarding and POP/IMAP. Pilih enable IMAP untuk mengizinkan software men-download surat Anda. Kemudian klik ‘Save Changes’.

Kini, silakan download Mozilla Thunderbird dari situs resminya. Setelah selesai download, jalankan file setup-nya untuk meng-install. Anda cukup klik Next, next saja sesuai petunjuk programnya. Setelah selesai install, jalankan programnya. Anda akan bertemu dengan jendela ini. Jendela ini juga bisa dibuka dengan mengklik menu File >> New >> Mail Account…

Isikan nama, username dan password Anda, kemudian klik Continue. Anda akan melihat jendela seperti ini:

Pilih IMAP dan kemudian klik Create Account. Anda akan dibawa masuk ke jendela kerja utama program ini. Lihat di sebelah kiri, ada panel berisikan alamat e-mail Anda.

Klik kanan pada username e-mail Anda, pilih Get Messages. Sekarang tunggu saja, seluruh e-mail Anda akan di-download ke komputer. Setelah selesai, Anda tinggal menggunakannya.

Kini, setiap Anda terkoneksi ke internet, untuk membuat e-mail baru, Anda cukup mengklik Write.

Tampilan untuk menulis suratnya lebih menyenangkan karena tidak perlu loading😀

Anda bisa membaca e-mail Anda yang telah masuk, tanpa terkoneksi dengan internet, berikut dengan attachment-nya jika ada.

Setiap Anda terkoneksi dengan internet, jangan lupa untuk membuka program Thunderbird Anda, lalu klik Get Mail supaya e-mail terbaru Anda ter-download seluruhnya.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s