Me-reset Password Super Administrator Joomla! 1.5

Lupa password adalah hal yang lumrah. Anda mungkin pernah mengalaminya. Kali ini saya akan membahas bagaimana cara untuk me-reset account Super Administrator pada Content Management System (CMS) Joomla! 1.5

Hal yang Anda perlukan adalah akses penuh untuk mengubah database dan aplikasi PHP My Admin.

Langkah 1 – Buka Database Joomla! Anda

Silakan buka database CMS Joomla! Anda. Dalam hal ini, saya menyimpannya di database joomladb.

Anda akan melihat begitu banyak tabel-tabel. Saat instalasi, biasanya Joomla! secara otomatis meletakkan prefix (awalan) jos_ untuk setiap tabel yang terlibat dengan Joomla!. Tabel yang akan kita ubah adalah tabel jos_users (lihat gambar). Klik untuk melakukan browse ke isi tabel tersebut.

Tabel ini menyimpan seluruh data user yang tersimpan di Joomla!. Pada Joomla!, account Super Administrator memiliki username admin. Anda bisa lihat ada user dengan username admin pada data di atas. Mari ubah data tersebut, klik edit (icon bergambar pena di sebelah kiri).

Langkah 2 – Ubah Data Password Super Administrator

Anda tidak bisa melihat password yang tersimpan untuk user tersebut dengan melihat data tabel tersebut karena password-nya tidak bisa begitu saja bisa dibaca oleh kita. Password tersebut telah melewati proses enkripsi dengan algoritma MD5.

Daripada bingung, kita ubah saja password-nya. Pada kolom field dengan nama password, pada kolom function pilih fungsi MD5 dari pilihan yang ada, kemudian ganti value-nya dengan password yang akan Anda gunakan untuk melakukan reset. Dalam hal ini, password akan saya reset menjadi ‘test’ (tanpa tanda kutip). Jangan lupa untuk mengklik Go untuk menjalankan query pengubahan data.

Saya sarankan Anda untuk memilih password dengan kata yang sederhana saja untuk me-reset ini, dan ubah password sesuai dengan keinginan Anda nanti di dalam Joomla!

Langkah 3 – Login dan Ubah Password Anda

Silakan login kembali ke Joomla! Anda, dengan username admin dan password test. Kemudian, ubah password Anda dengan mengklik User Manager > Administrator.

Semoga bermanfaat.

8 comments

  1. andi · March 30, 2011

    terimakasihhhhhh bgd massssssssss…………!!!!!!!

  2. Suceputra Sigunsa · July 26, 2011

    mantap gan

  3. YYan Chriestiano · June 16, 2012

    Muakasih,,,

  4. melghines · July 13, 2012

    Makasih bgt yaa…😀 *hampir ilang harepan tadi* #lebay

  5. Tatang · August 10, 2012

    Wah makasih ni, ternyata gampang juga ya.

  6. yusefendi · August 28, 2012

    awalnya saya hampir putus asa dan ingin menghapus websitenya, namun setelah mengunjungi laman ini dan langsung melakukan uji coba ternyata, jerih payah saya untuk membingkar kedengkian orang usil berhasil sehingga selamatlah website kami dari tangan jahil. Akhirnya saya mengucapkan banyak terima kasih kepada mas Imam. sekaligus kami mengundang anda untuk berkunjung ke http://sman2binjai.sch.id

  7. Supr · October 22, 2013

    Terima kasih banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s