Tips Mengirim Berkas Paramadina Fellowship 2011

Melanjutkan artikel sebelumnya, kali ini saya akan memberikan beberapa tips yang semoga bisa membantu teman-teman semua dalam mempersiapkan pengiriman berkas Paramadina Fellowship 2011 (PF2011) dengan lebih mudah.

Satu hal yang harus diperhatikan, pastikan teman-teman telah memiliki formulir pendaftaran PF2011. Jika belum memilikinya, silakan download dari situs Universitas Paramadina di alamat berikut:

http://www.paramadina.ac.id/downloads/Fellowship/formulirpf2011.pdf

Setelah teman-teman men-download file tersebut, cetak (hard copy lebih mudah dibaca dibanding soft copy). Formulir PF ini sangat lengkap petunjuknya. Baca saja dengan baik.

Mari kita cermati formulir ini. Perhatikan bagian ‘Daftar Dokumen’. Itu adalah hal-hal yang harus teman-teman lengkapi.

Periksa satu-satu poin-poin tersebut. Mari saya bantu daftarkan di sini:

Formulir pendaftaran yang sudah dilengkapi dan ditandatangani, bermaterai 6000 rupiah.

Isi formulir dengan baik. Tidak masalah walau belum menulis essay (akan dijelaskan nanti). Pokoknya, persiapkan dulu. Jangan lupa beli materai 6000 rupiah 1 buah untuk ditempel di bagian ‘Pernyataan Bermaterai’.

Saat mengisi formulir, tulis dengan jelas semua isian yang diminta. Sampaikan dengan baik dan rapi, sehingga Tim Panel PF tidak akan kebingungan ketika membaca berkas teman-teman.

Pada formulir ini, teman-teman akan diminta untuk mengisi data organisasi dan prestasi. Jangan ragu, tuliskan prestasi yang teman-teman miliki sejak SMP. Tuliskan saja, jangan ragu walau lingkup prestasinya kecil. Pernah mengurus suatu acara, pernah menjadi pengurus di suatu organisasi, pernah menjabat sebagai ketua, sekretaris, atau bendahara, ataupun anggota, tuliskan saja. Tim Panel punya penilaian sendiri. Jangan percaya dengan penilaian pesimistis diri teman-teman.

Intinya, isi dengan benar, jujur, dan jangan sampai ada yang tertinggal, dan jangan sampai ada isian yang belum diisi. Tanda tangani semua tempat di formulir yang diminta untuk ditandatangani. Teliti, cek berkali-kali.

Berkas formulir ini adalah representasi teman-teman di hadapan Tim Panel. Jadi, siapkan dengan baik.

Satu (1) foto berwarna 4 x 6 cm (ditempel pada kotak yang telah disediakan pada formulir pendaftaran).

Pas foto, jangan sampai lupa ya.

Satu Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah atau Tokoh Masyarakat, dan Satu (1) Surat Rekomendasi dari Guru SLTA atau sederajat…

Ini adalah hal penting yang harus teman-teman perhatikan.

Jangan andalkan orang lain atau Tata Usaha sekolah, temui sendiri kepala sekolah SMA teman-teman masing-masing. Jelaskan dengan baik bahwa tulisan beliau tentang rekomendasi terhadap teman-teman sangat bernilai untuk kelulusan teman-teman. Arahkan beliau, isian apa saja yang harus diisi. Jangan lupa, berikan beliau amplop yang cukup untuk menyimpan surat tersebut.

[revisi]

Teman-teman juga bisa meminta surat rekomendasi ke tokoh masyarakat. Untuk yang ini, pilihlah tokoh yang dekat dan kenal baik dengan teman-teman. Untuk yang ini, sama prosedurnya dengan meminta surat rekomendasi dengan kepala sekolah. Buatlah janji terlebih dahulu, berikan kesan baik sehingga beliau mau merekomendasikan teman-teman untuk syarat berkas ini.

[akhir revisi]

Sebagai data pendukung, berikan pula salinan piagam penghargaan yang  teman-teman miliki, rapor, dan hal-hal lain yang terkait dengan isi surat rekomendasi. Salinan berkas tersebut bisa membantu pemberi rekomendasi untuk menuliskan keterangan yang baik tentang teman-teman.

Untuk surat rekomendasi dari guru, pilihlah guru yang menurut teman-teman paling mengenal teman-teman saat di SMA, dan pastinya memiliki kesan yang baik terhadap teman-teman. Lakukan langkah yang sama dengan saat teman-teman meminta rekomendasi dari kepala sekolah.

Andalkan diri sendiri, jangan andalkan siapapun!

Essay yang berjudul ’Aku Si Agent of Change di Masa Depan’ dan ’Titik Nadir dalam Kehidupanku’.

Ini hal penting kedua yang harus diperhatikan.

Pertama, hal yang sederhana. Perhatikan batas kata yang diizinkan. Essay tentang ‘Agent of Change’ hanya bolah 500 kata, sedang yang ‘Titik Nadir’ hanya boleh 250 kata. Jaga batas itu. Lalu, jangan lupa, siapkan pena hitam yang baik untuk menulis essay. Kalo saya merekomendasikan pena Pilot Hi-Tec yang 0.4 untuk menulis essay ini (harga pena ini agak mahal tapi :P).

Pena Hi-Tec-C, pilih yang diameter mata pena 0.4 (saran saya)

Sekarang tentang penulisan essay.

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah isi essay. Pastikan teman-teman memilih cerita yang paling baik menurut teman-teman. Cerita yang kira-kira bisa menginspirasi, dan benar-benar mendeskripsikan diri teman-teman. Essay itu adalah cerminan diri teman-teman di hadapan Tim Panel.

Untuk bahasa yang digunakan, kalau untuk teman-teman yang memilih Program Studi Hubungan Internasional, saya sarankan teman-teman menulis essay dalam Bahasa Inggris. Untuk yang lainnya, bisa memilih sesuai dengan bakat teman-teman.

Soal bahasa ini, bukan berarti yang Bahasa Indonesia tidak bagus. Menggunakan Bahasa Inggris pun akan percuma jika isinya tidak optimal. Intinya, sesuaikan dengan potensi teman-teman. Tidak masalah dalam Bahasa Indonesia.

Gunakan kata-kata narasi yang baik. Tidak ada salahnya kalau teman-teman mencari referensi terlebih dahulu tentang cara membuat essay naratif yang baik.

Copy sertifikat dari penghargaan atau prestasi yang pernah diterima (selama SMP dan  SLTA).
Satu (1) copy Kartu Tanda penduduk (KTP) yang berlaku.
Satu (1) copy NEM SLTA yang dilegalisir (bagi lulusan SLTA)
Satu (1) copy Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) yang dilegalisir (bagi lulusan SLTA)
Satu (1) copy Rapor Kelas 1, 2 dan 3 yang dilegalisir
Surat keterangan tidak buta warna dari dokter (khusus pendaftar Desain Komunikasi Visual) dan tidak buta warna total (khusus pendaftar Desain Produk Industri)
Satu (1) copy Kartu Keluarga

Ini hal penting ketiga. Untuk berkas-berkas di atas, susunlah dengan rapi.

Kalau saran saya, sebaiknya urutkan berkas di dalam amplop yang akan teman-teman kirim sesuai urutan di daftar dokumen ini. Untuk lebih rapi, belilah klip binder (klip dari besi yang warnanya hitam) untuk menjepit berkas agar tidak tercecer. Kelompokkan dengan baik, mana data rapor dan prestasi, lalu data pribadi yang diminta, sehingga Tim Panel akan lebih mudah memeriksa berkas teman-teman.

Klip binder, beli beberapa untuk berkas teman-teman

Lalu, untuk salinan penghargaan dan rapor. Jangan lupa untuk melegalisir rapor dan piagam teman-teman ke sekolah. Untuk salinan piagam, urutkan dengan urutan sesuai dengan waktu yang tertera di piagam. Urutkan dengan baik dan rapi, tumpuk dokumen dengan posisi yang sama, sehingga tidak ada yang terbalik saat dokumen-dokumen tersebut dibuka.

Untuk rapor, perhatikan dengan baik. Pastikan rapor teman-teman telah ditandatangani oleh orang tua, wali, dan kepala sekolah, serta dicap dengan stempel sekolah.

Intinya, siapkan dengan rapi. Jangan ada yang tertinggal, sekali lagi Jangan ada yang tertinggal!

Tahun ini mungkin ada lebih dari 1500 berkas akan masuk ke meja Tim Panel. Tahun lalu ada 1600an orang yang mendaftar. Jangan pesimis, daftarkan saja berkas teman-teman, karena nanti masih ada seleksi tahap selanjutnya.

Seleksi berkas PF2011 merupakan seleksi administrasi. Mereka yang lolos akan dipanggil untuk interview, langsung bertemu muka dengan Tim Panel, maupun lewat telepon.

Jadi, siapkan berkas ini. Ini adalah langkah pertama. Jika teman-teman lulus tahap seleksi berkas ini, maka teman-teman bisa bersiap-siap untuk tahap selanjutnya.

Selamat mengirimkan berkas. Semoga berhasil😀

Salam,
Mokhamad Syamsul Latif Imam Hidayat
Paramadina, Rajawali Foundation Fellow

36 comments

  1. niken · January 27, 2011

    makaasih ka,, terbantu banget saya :*

  2. niken · January 27, 2011

    kak maksudnya narasi yang baik itu gimana ya??
    makasih.

  3. Mr. Day · February 4, 2011

    Salam, maaf kak saya agak dihantui rasa pesimis… ada peluang lolos gx kalau rata-rata nilai UAN hanya 7.10.. sementara di persyaratannya minimal 7,50.. gimana kak?
    tapi nilai rapor sma dan kuliah ku lumayanlah bisa dipertimbangkan !!!

    thq fo att ^_^

    • Imam Hidayat · February 8, 2011

      Wah sayang sekali ya. Tapi, kalau menurut saya pribadi tidak ada salahnya dicoba dulu, karena biasanya kalau ada faktor lain yang dianggap tim panel sangat spesial, itu bisa menjadi penolong untuk bisa lulus seleksi administrasi.

      Coba kirim saja berkasnya dulu kalau kira-kira optimis. Mencoba tidak ada salahnya🙂

  4. Saepul Gen's · February 8, 2011

    Kak imam makasih banget infonya,,,, Kalo boleh minta saran, kapan ya waktu2 yang pas buat nulis essay biar hassilnya keren gitu,,,,thanks

  5. Ida Az Zhafira · February 10, 2011

    saya mau coba, tapi … satu tahun lagi… semoga ^_^ (oh ya, kabarnya ada jalur khusus untuk aktivis.. saya mau coba juga deh… terimakasih atas info multimanfaatnya..)

  6. syar · February 13, 2011

    saya menguasai bhs jepang ada sertifikatnya dg nilai rata2 8,9 dan pernah magang di jepang 3 tahun, tp nilaiku bhs inggris jatuh bnget,dan rata2 nilaiku di bawah 7,,,ada kemungkinan lolos????

    • Imam Hidayat · February 17, 2011

      Saya tidak berani untuk mengklaim ada kemungkinan lolos atau tidak.

      Kalau saran saya, tidak ada salahnya mencoba, karena penilaian tim panel itu berbeda. Bisa jadi faktor lain dipertimbangkan untuk dapat langsung ke tahap interview selain nilai, walaupun itu merupakan syarat. Saya tidak berani melakukan klaim.

      Kalau Anda yakin, coba saja. Tidak ada salahnya mencoba.

  7. Riza · February 16, 2011

    mau tanya, diantara jurusan yg ditawarkan:
    Falsafah & Agama, Psikologi, Teknik Informatika, Manajemen, Hubungan Internasional, Komunikasi, Desain Komunikasi Visual, Desain Pokok Industri
    itu yg paling bagus jurusan yg mana ya?

    • Imam Hidayat · February 17, 2011

      Wah, kalau yang ditanya paling bagus, saya bukan orang yang tepat menjawabnya, karena saya pun masih mahasiswa baru.
      Walau demikian, yang saya perhatikan di Paramadina adalah, kampus ini unik. Kampusnya kecil dan kondusif. Dan untuk jurusan, Paramadina tidak kalah saing. Jurusan yang ada di Paramadina semuanya adalah jurusan yang tepat guna dan paling dibutuhkan. Lihat saja, semuanya yang keluarannya nge-trend untuk di dunia kerja.

      Memangnya Riza berminat di jurusan apa? Mungkin untuk lebih lanjutnya, tanya saja detailnya dengan berkomunikasi langsung di Facebook Universitas Paramadina
      http://www.facebook.com/paramadina

      • Riza · February 17, 2011

        iya, biasanya kan masing-masing jurusan punya akreditasi yg berbeda.

        Saya sendiri berminat akuntansi, tapi tidak ada pilihannya. Kalau memilih jurusan manajemen misalnya, itu ada konsentrasi ke manajemen keuangan atau akuntasi ga?

      • Imam Hidayat · February 21, 2011

        Wah, saya mahasiswa TI. Kalau kamu ingin bertanya lebih lanjut tentang manajemen, bisa kunjungi blog teman saya:
        http://baraparamadina.blogspot.com/2011/01/cara-sukses-paramadina-fellowship-2011.html

        Dia penerima PF 2010. Untuk masalah manajemen dan seluk beluk kuliahnya di Paramadina, kamu lebih baik kalau langsung ‘konsultasi’ saja dengan dia.

        Sukses ya.

  8. jurnal · February 17, 2011

    oya kak imam ….! apa maksud kode FP harus di cantumkan di bagian kiri amplop ? mohon jwabanx ea..?

    • Imam Hidayat · February 17, 2011

      PF 2011😀
      Jadi maksudnya, di sudut kiri atas amplop tu ditulis aja pake spidol, tulisannya “PF 2011”
      Itu biar memudahkan penerima surat kalo nerima surat dengan kode seperti itu, otomatis berkasnya langsung lari ke meja tim panel tanpa harus membuka amplopnya🙂

  9. Gemi · February 21, 2011

    Salam kenal kak, saya mau tanya, maksudnya pernyataan ini apa ya?

    “Siswa yang tidak mendapatkan nilai IPK minimal 3,00 selama dua semester pada saat perkuliahan, dinyatakan gagal dan tidak lagi memperoleh beasiswa untuk penyelesaian sisa masa studi.”

    Maksudnya 2 semester itu apa ya?
    Terima kasih.

    • Imam Hidayat · February 21, 2011

      Salam kenal Gemi.

      Semua mahasiswa yang diterima lewat jalur PF harus mendapatkan IPK minimal 3.0 setiap semesternya. Jadi, kalau misalkan ada mahasiswa yang diterima PF namun mendapatkan IPK < 3.0 selama masa kuliah, maka Fellowshipnya dicabut.

      IPK itu beda perhitungannya dengan IP setiap semester. IPK itu kalau menurut saya barangkali rata-rata IP dari setiap semester yang dilewati saat perkuliahan. Jadi, kalau misalnya ada yang 2 kali dapat IPK di bawah 3.0, beasiswanya dicabut.

      Itu syarat untuk PF. Semoga membantu😀

      • Gemi · February 24, 2011

        Oh gitu,

        Kalo seandainya hanya sekali <3, gimana? Masih ada kesempatan gak ya? Insya Allah, pasti ada jalannya ya…
        Mudah-mudahan diberi kemudahan, amin…

        Thanks much ka.

  10. Umai · February 28, 2011

    Kak, alamat pengiriman berkas ke mana ya?
    Mksh

    • Imam Hidayat · February 28, 2011

      Umai udah download formulirnya belum? Alamat tujuan pengiriman suratnya tertulis di halaman pertama formulir itu.

  11. Umai · March 1, 2011

    Oia, mf kak baru baca..
    Klo misal rekomendasi tkoh masy dari kepsek SMP boleh kak?

    • Imam Hidayat · March 4, 2011

      Saya rasa tidak apa-apa, asalkan beliau tokoh masyarakat. Saya dulu juga meminta rekomendasi dari kepala sekolah saya saat SMP.

  12. sari · March 12, 2011

    syukron jiddan k atas infony

  13. ekky · March 26, 2011

    siang k’, aku mau nanya alamat yang ditujukan itu kemana yah k’?
    aku baru lihat pendaftaran nya kemaren, jadi aku baru proses hari ini, aku bingung untuk yang tulisan itu,

  14. a. ghofar.p · April 5, 2011

    mas pengumuman tahap kedua kapan n mksh dah bantu bgt

  15. Joj Raha · April 6, 2011

    Saya memiliki 3 keponakan, 2 perempuan dan 1 lelaki. Semuanya pintar, nilai-nilai sekolahnya di atas 8. Saya mencoba menjadi pembimbing mereka untuk mengikuti program Paramadina FellowShip ini, namun ketiganya itu nggak akan lolos seleksi awal, karena mereka nggak mampu membuat essay yg ditentukan oleh tim panel. Ketiganya mampu menulis dengan baik, namun mungkin hanya satu yg memiliki personality yg baik. Namun sayangnya yg satu ini nggak menguasai persoalan yg sedang dihadapi dan akan dihadapi negeri ini. Melalui essay yg mereka buat, pasti tim panel akan mampu mengendus personality mereka yg tergolong biasa bukan extra-ordinary. Padahal tim panel mencari orang muda yg “baik” atau “berguna”, bukan sekedar pintar.

    Satu dari mereka yg perempuan bahkan bahkan tidak didukung oleh keluarganya. Semuanya yg berhubungan dengan Paramadina FS ini dikerjakan sendiri, tentu plus saya yg hanya membantunya melalui email. Padahal pihak keluarga sudah pernah diberitahu dan dijelaskan tentang pentingnya Paramadina FS ini. Bahkan keluarga sempat bersikap negatif ketika pertama kali mendengar program ini. Kemudian, mungkin karena ukuran dari program ini adalah personality, maka keluarga merasa pesimis dan nggak mendukung.

    Jika mereka nggak lolos, saya tidak akan merasa bersedih sedikit pun. Program ini memang seharusnya hanya untuk orang muda yg memang memiliki personality yg baik atau orang muda yg “baik” atau “berguna” bagi negeri ini, bukan orang muda yg sekedar pintar. Saya pun nggak rela jika program ini nanti cuma menghasilkan orang pintar namun ikut serta menghancurkan negeri ini sebagaimana yg terlihat sekarang ini di dunia politik Indonesia.

  16. tri rahayu · April 27, 2011

    kak kpan info thap k 2 nya???
    mksh……

    • Imam Hidayat · April 28, 2011

      Untuk tahap ke-2, menurut slide yang digunakan untuk sosialisasi PF itu sekitar tanggal 8 Mei. Siap-siap saja pas tanggal tsb.

  17. syir aja · May 29, 2011

    wah,,ka imammmmm,,, yaou are the real duta paramadina, hhe… untuk pulpen itu spnsor ya?? ahahaha yang penting bisa pulpen apa aja dan bisa membuat tulisan anda nyata n benar2 tulus.
    tulisan menggambarkan kepribadian, han kalu samapai beli pulpen dengan niat itu menggambarkan keseriusan😛

    • Imam Hidayat · May 30, 2011

      Aduh, Mbak Syir, untuk catatan, saya bukan Duta Paramadina😀

      Untuk tips aja karena lebih gampang dan bagus kalau pakai pena yang itu, mau nggak mau memang harus sebut merk😛

  18. Anggraha Sakti · September 8, 2014

    i love you kak:) thanks. berguna banget🙂

  19. nadia ayu wulandari · December 29, 2014

    halo kak, saya akan lulus tahun 2015 ini, tp belum ada pengumuman untuk tahun saya. kira2 kapan ya kak pemberitahuannya? terimakasih

    • Imam Hidayat · December 31, 2014

      Halo Nadia. Pendaftaran untuk tahun 2015 memang baru saja dibuka. Silakan kunjungi tautan berikut untuk informasi selengkapnya: Paramadina Fellowship 2015

      Semoga berhasil yaa.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s