Jangan Tertipu! Komputer Tidak Bisa Membaca Pikiran Anda

Kemarin sore, saya mendapatkan kesempatan untuk menangani sebuah fenomena unik. Sebuah website (http://www.askjud.com) dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang Anda berikan. Ya, padahal website tersebut tidak pernah kenalan dengan Anda. Kok bisa? Ya, pertanyaan Anda sama dengan pertanyaan saya waktu itu. Ini adalah apa yang saya coba untuk menguak misteri dibaliknya.

Seperti yang Anda lihat di tampilan situs di atas. Pada bagian atas, ada textbox yang bertuliskan ‘petition’. Anda harus mengetikkan kata-kata pengantar di kotak tersebut. Pilihan pertanyaannya seperti ini, “Jud, please answer: ” atau “Jud, please answer the following: “, atau bisa juga “Jud, please answer the following question: “. Anda tidak bisa mengetik pertanyaan di kotak kedua jika kotak ‘petition’ di bagian atas tidak Anda isi dengan benar.

Ya, setelah selesai mengisi ‘petition’ ketikkan pertanyaan Anda. Saat saya mencoba dengan bertanya, “Where is my position now?”, dia malah menjawab, “Who doesn’t know that?”. Wah, apa ada kesalahan ya? Saya coba tanya lagi, “Who is my first love?”. Jawabannya, “I’d better not sleeping tonight if I were you”. Ngelantur. Jelas sekali. Saat saya tanya lebih macam-macam lagi, situs ini menjawab, “Stop asking question that meanignless”. Wah, saya kira teman saya berlebihan.

Ternyata, halnya berbeda ketika yang menggunakannya teman saya. Dia mengetikkan pertanyaan yang menanyakan posisinya dimana, bahkan dengan Bahasa Indonesia. Eh, si situs benar-benar menjawab, “di lobi” (saya sedang di lobi kampus waktu itu). Wah, ini ada apa? Pasti ada yang tidak beres.

Pertama yang saya lakukan adalah mengecek letak situs tersebut secara geografis. Pertama, saya menggunakan command prompt untuk mencari IP Address situs tersebut, dengan perintah ping. Saya ketikkan, “ping http://www.askjud.com”, dapatlah alamat IP situs tersebut.

Selanjutnya, dengan bantuan Google, saya butuh bantuan Geo IP untuk menentukan lokasi. Ketik saja di Google, “Geo IP” dan Anda akan menemukan banyak pilihan untuk menemukan lokasi suatu komputer dengan nomor IP-nya saja. Ternyata setelah dilacak, situs askjud tersebut tidak terletak di Indonesia.

Saya ketik di Google dengan keyword, “Askjud Algorithm”. Well, bahkan saya sempat bertanya ke situs itu, “What algorithm do you use?”. Jawabnya, “Maybe I’ll tell you later..” katanya. Cerdas sekali. Setelah browsing dan melakukan sedikit ujicoba, akhirnya saya tahu, bahwa saya baru saja kena tipu mentah-mentah.

Hal yang janggal pada situs itu adalah jumlah text box yang disediakan. Saya sempat heran juga pada awalnya. Kenapa harus mengetik ‘petition’ di kotak terpisah. Kenapa tidak langsung saja di satu kotak dengan kalimat awal seperti yang telah diberikan options-nya oleh situs tersebut? Benar saja, pertanyaan ini mampu membawa pada kebenaran.

Anda bisa coba. Buka situs tersebut, ketikkan tanda titik “.” dan perhatikan! Bukan tanda titik yang muncul, melainkan huruf “J”. Dan ketika Anda mengetikkan huruf sembarangan selanjutnya (setelah mengetik tanda titik “.”) Anda akan melihat fenomena penipuan.

Textbox tidak akan menampilkan apa yang Anda ketikkan, melainkan kata-kata ‘petition’ yang sudah saya sebutkan di awal. Terang saja. Setelah frase kalimat ‘petition’ hampir selesai frasenya, sekitar satu huruf sebelum frase tersebut selesai, coba ketikkan titik dua “:” dan kursor akan berpindah tempat. Ketikkan sembarang kata diakhiri dengan tanda tanya “?” dan bingo! Apa yang Anda ketik di atas akan muncul di depan mata Anda!

Ya, yang dilakukan situs ini adalah melakukan ‘masking’ terhadap apa yang Anda ketikkan di textbox situs tersebut. Kemudian menampilkannya setelah Anda mengetikkan tanda tanya sebagai tanda dari akhir pertanyaan Anda. Tidak ada kecerdasan, hanya tipuan saja. Sandiwara tunggal, penanya menentukan jawaban atas pertanyaannya. Pantas saja saya tidak mendapatkan jawaban yang benar dari komputer. Ternyata…

Tanpa tipuan dari pengetik pertanyaan, situs hanya meng-generate pernyataan lewat chat-bot. Sebuah sistem komputer yang menjawab pertanyaan dengan kemungkinan-kemungkinan yang telah diprogram. Anda tidak sedang bicara dengan manusia, Anda bicara dengan bot! Tidak ada kehebatan komputer membaca pikiran Anda, hanya sebuah sistem tipuan belaka.

Lain kali, jangan cepat percaya dengan apa yang Anda lihat. Buktikan fenomena yang Anda lihat, karena seperti kata Shinichi Kudo dalam Detektif Conan, “There isn’t a single mystery in this world that can’t be solved”. Percayalah.

Leave a Reply

