Mencari IDE (Integrated Development Environment) yang Nyaman untuk Digunakan

Mengetik kode saat belajar pemrograman adalah hal yang sulit jika dilakukan secara manual, seperti dengan plain text editor sejenis Notepad. Bahkan Notepad++ pun (yang notabene lebih mutakhir dari Notepad default Windows) kurang membantu. Karena itu, beberapa waktu yang lalu saya melakukan sedikit eksplorasi untuk menemukan IDE (Integrated Development Environment) yang pas untuk membantu saya menulis program. Saya sedang berusaha mendalami Java, Pascal, dan C++, dan beberapa bahasa lain seperti C# dan Visual Basic (ya, saya sendiri tidak yakin bisa mendalami semuanya.)

Saya mencoba mencari program-program tersebut di internet. Beberapa yang saya temukan: Visual C++ 6.0 dan Borland Delphi 7.0 untuk C++ dan Pascal. Ketika saya mencobanya, wah, tidak menarik. Tampilannya kaku, karena kedua IDE tersebut memang sudah kadaluarsa. Tidak good-looking. Kalau begini, saya makin sulit untuk membuat program. Well, Anda bisa tebak, saya memang mencari software dari internet tanpa membayar, alias: colongan (baca: bajakan).

Karena saya tidak suka, saya meng-uninstall keduanya. Borland Delphi berhasil saya uninstall, tapi tidak untuk Visual C++. Ada pesan error yang menyuruh saya menaruh file instalasi di direktori saat saya menginstal. Wah, sialan. File setup-nya sudah saya hapus😦

Ya, biarkan saja, walaupun saya membuang-buang space 600 MB di harddisk saya, toh saya akan meng-install ulang komputer saya nanti.

Saya kecewa, sehingga kembali mencari-cari IDE yang pas. Saya coba mencari, dan saya teringat pernah mendengar dan membaca tentang NetBeans. Saya buka situsnya di http://www.netbeans.org dan ternyata menarik sekali. IDE ini mendukung banyak bahasa: Java (SE, EE, ME, dan lain-lain yang saya tidak mengerti), C/C++, PHP, Ruby, dan lainnya. Saya download versi lengkapnya yang berukuran sekitar 319 MB. Ya, saya tidak salah pilih, saya install C++ dan Java.

Tampilannya cantik, manis, dan enak sekali untuk dipakai. Saya benar-benar jatuh hati😉

NetBeans 6.9 Splash Screen

IDE NetBeans saat dicoba untuk mengetik kode Bahasa C++

Ya, IDE yang nyaman untuk Java dan C++ sudah saya dapatkan. Bagaimana untuk pengganti Delphi? Saya menemukan cerita bahwa Delphi sudah dilempar-lempar developernya: Borland, CodeGear, Embarcadero. Bahkan, versi trial-nya saja yang terbaru sulit untuk didapatkan (mungkin karena saya masih pemula). Ya, saya menyerah.

Saya pikir, mungkin memang takdir saya untuk memrogram Pascal lewat Free Pascal (Free Pascal adalah IDE untuk memrogram Bahasa Pascal dengan nuansa yang mirip dengan Turbo Pascal, layar command prompt, background biru.) Lalu, saya mengunjungi situs FreePascal (http://www.freepascal.org) untuk mengecek update. Ternyata ada info yang mengatakan ada program yang Delphi-like, walaupun versinya masih dibawah 1.0: Lazarus. Waw, program gratis lagi. Ukuran file download-nya cuma 61 MB, dan saat di-install mencapai 450 MB lebih. Wah, benar-benar bagus. Mirip dengan Delphi, bedanya lebih modern. Multi-platform, memiliki slogan yang menarik pula: write once, compile anywhere.

Lazarus - Pengganti Delphi

Saya jadi berpikir, untuk apa bajak-membajak? Toh ada program-program gratis yang tidak kalah bagus. Saya pernah berandai untuk menjadi programmer di luar negeri. Apa mungkin, saya memakai software bajakan di tim yang akan (amiin) saya pimpin? Hukum tentang kekayaan intelektual di luar negeri benar-benar telah ditegakkan. Saya bisa masuk penjara kalau nekat.

Saya menggunakan Windows XP SP 2. Ya, sekarang saya sedang mencoba untuk mencari pengganti Windows. Tapi, saya akui Windows memang menyentuh hati, khususnya Windows XP. Suatu hari, saya tidak akan menggunakan Windows bajakan lagi.

Visual C# 2005 Express Edition

Bagaimana dengan C# dan Visual Basic? Ya, Generasi VB6 sama saja dengan VC++ 6. IDE-nya kaku dan tua. Saya tidak suka. Untungnya, microsoft murah hati dalam hal ini. Anda bisa mendapatkan IDE terbaru Visual Basic dan Visual C# secara gratis, dengan men-download versi Express-nya. Cari saja Visual Studio 20xx Express Edition (dimana xx dapat diganti menjadi 05, 08, 10). Paket ini menyertakan beberapa IDE seperti Visual Basic, C#, C++, Web Developer yang sangat cukup digunakan untuk belajar. Legal, dan aman. Tidak perlu proses cracking sama sekali. Hanya saja, jika Anda programmer Visual Studio versi 6 ke bawah, Anda harus mengganti paradigma. Biasakan menggunakan .NET Framework.

Ya, mungkin pengalaman saya ini tidak menyentuh. Toh, saya hanya ingin menceritakan bahwa yang gratis pun nyaman untuk digunakan. Kalau ada yang gratis, kenapa harus memaksa pakai yang mahal?

Leave a Reply

