Antara Delete dan Backspace

Saya tidak tahu kalau posting ini penting atau tidak, tapi saya tergelitik kalau mengingat bahwa banyak orang bahkan tidak bisa menjawab sebuah pertanyaan sederhana terkait dengan tuts-tuts yang tiap hari kita tekan untuk menggunakan komputer:

“Apa beda fungsi tombol delete dan backspace?”

Hayo lho. Emang bedanya apa?

Ah! Pokoknya untuk nghapus!” rata-rata begitu jawabnya. Lalu, untuk apa diciptakan dua tombol bakcspace dan delete? Kalau fungsinya sama, satu sudah cukup, tidak perlu capek-capek menciptakan 2 tombol bukan?

Mereka berdua ada, itu karena mereka berdua berbeda :P

Oke, langsung ke praktik. Untuk sederhananya, buka program notepad atau text editor kesayangan pembaca. Lalu, ketik dan posisikan kursor sesuai dengan tampilan yang saya berikan ini:

Perhatikan, letakkan kursor di antara kata “kiri” dan “kanan”. Lalu, silakan coba tekan tombol delete dan backspace. Apa yang terjadi?

Nah, sudah melihatnya langsung? Tombol delete menghapus karakter ke kanan, sedang backspace menghapus karakter ke kiri. Itu dia bedanya. Sebenarnya, proses menghapus karakter akan jadi fleksibel karena kita bisa menghapus ke kiri ataupun ke kanan, sesuai dengan kebutuhan.

Pada umumnya, misalkan ada kalimat yang terketik begini:

Ini adalah kalimat yang benar. Sedangkan, ini adalah kalimat yang salah.

Lalu kursor ada di posisi paling kiri, yaitu di belakang huruf “I” besar yang ada di kata “Ini”, dan kita ingin menghapus kalimat kedua dari kata “Sedangkan,…” dan seterusnya, maka orang yang tidak tahu fungsi tombol delete akan menggerakkan kursor ke titik paling kanan, kemudian menekan tombol backspace untuk menghapus kalimat tersebut. Padahal, tidak perlu repot. Cukup letakkan kursor di antara tanda “.” dan “Sedangkan,…” lalu tekan delete sampai kalimat yang mau dihapus hilang.

Artikel ini, sama sekali bukan untuk meledek, atau sok-sokan. Tahu dimulai dari tidak tahu bukan? Saya dulu juga mengalami hal yang sama :D

Setelah tahu kegunaan tombol delete ini saya jadi bisa lebih cepat ketika memeriksa suatu tulisan, karena proses penghilangan katanya menjadi lebih mudah.

Ini mungkin sepele, tapi jangan sampai di remehkan oleh pembaca yang budiman. Semoga bermanfaat.

About these ads

2 comments

  1. dina · October 25, 2011

    maaf, tapi bukannya lebih mudah dan simple kalau ingin menghapus “Sedangkan, ini adalah kalimat yang salah.” dari kata “Ini adalah kalimat yang benar. Sedangkan, ini adalah kalimat yang salah.” langsung memencet tombol “end” dan tekan “backspace” sampai kata yang ingin dihapus habis. dari pada memindahlan cursor dengan tombol geser ke kanan satu-satu?

    hanya sedikit masukan, maaf kalau ada yang salah….

    • Imam Hidayat · October 25, 2011

      Yap! Benar sekali, hanya saja saya di posting ini saya belum cerita tentang tombol Home dan End. Terima kasih masukannya Dina. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s